5 Tempat Wisata Di Purwokerto,Kamu Harus Kunjungi


Melakukan pekerjaan yang sama setiap hari, akan menimbulkan rasa jenuh dalam diri kita. Terlebih lagi aktivitas pekerjaan tersebut harus diselesaikan dengan waktu yang singkat. 

Untuk menghilangkan kejenuhan ada baiknya menyempatkan diri untuk dapat berlibur mengunjungi tempat wisata daerah purwokerto sehingga dapat menyegarkan pikiran agar dapat bersemangat kembali melakukan rutinitas setelah selesai liburan.

Purwokerto merupakan sebuah kota berkembang di bagian barat daya Propinsi Jawa Tengah, Kota Purwokerto sendiri merupakan ibukota Kabupaten Banyumas. 

Meskipun Purwokerto hanyalah sebatas Ibukota Kabupaten akan tetapi kota ini digolongkan sebagai Ibukota Kabupaten yang maju dan perkembangannya dari tahun ke tahun tergolong pesat. 

Sebagai indikatornya adalah hampir semua fasilitas hadir di kota ini dari mulai Pusat Perbelanjaan, Restoran cepat saji, tempat rekreasi di purwokerto, Pusat Pertokoan, Sarana Olahraga, Pusat Wisata Kuliner Purwokerto, Hotel berbintang (kelas Internasional), Sarana Rekreasi Keluarga, Pusat Pelayanan Kesehatan, dan lain sebagainya.
Baca Juga : Taman Balai Kemambang Purwokerto
Meski demikian, berbagai tempat wisata di purwokerto wajib kita kunjungi walaupun hanya sekedar melihat alam yang indah dan dapat  memberikan kesegaran bagi kita yang sedang jenuh.

Berikut 5 Tempat Wisata Sekitar Purwokerto :

1. Obyek Wisata Baturaden

obyek wisata baturaden


Baturaden termasuk objek wisata favorit yang wajib Anda kunjungi. Letaknya tepat di lereng Gunung Slamet, Desa Karangmangu, Banyumas, Jawa Tengah berjarak sekitar 15km dari pusat kota purwokerto.

Anda bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, berhati-hatilah saat melaju. Pasalnya, medan pegunungan yang naik-turun cukup menguji kemampuan Anda dalam berkendara.

Wisata baturaden dapat dibilang wisata yang komplit dikarenakan banyak sekali wahana dan sebagai sarana rekreasi bersama keluarga. Terdapat beberapa wahana seperti :
  • Kolam Renang 
  • Sepeda Air
  • Terapi Ikan 
  • Pemandian Air Panas
  • Museum

2. Kebun Raya Baturaden

kebun raya baturaden

Dengan menerapkan konsep wahana konservasi pada tanaman, wahana edukasi, serta sebagai objek wisata Kebun Raya Baturaden ini ramai dikunjungi oleh pengunjung dari Jawa Tengah dan sekitarnya.

Kebun raya ini memiliki luas wilayah mencapai 143,5 hektare dan diresmikan pada 19 Desember 2015 lalu. Dari kunjungan yang dilakukan di Kebun Raya Baturaden ini para pengunjung bisa melihat serta mempelajari jenis – jenis tanaman yang tumbuh di Indonesia.

Tanaman tersebut di antaranya adalah Medical Garden, Paku, hamparan bunga, tanaman Liana, Pinus, Rasamala, Damar, beberapa jenis tanaman rotan, dan tanaman lainnya yang bisa tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman tersebut bertemakan tumbuhan Pegunungan Jawa.

Tak heran jika pengunjung bisa melihat tanaman yang tertanam di dalam ruangan, meski tidak boleh masuk di dalamnya para pengunjung bisa melihat dari luar dengan jelasnya.

Di dalam kebun raya yang satu ini terdapat juga bumi perkemahan yang sangat cocok untuk penggemar camping. Selain untuk wisata dan sarana edukasi, objek wisata ini digunakan pula sebagai konservasi ex situ untuk jenis flora di pegunungan Jawa.

3. Taman Miniatur Dunia Small World

Taman Miniatur Dunia Small World

Destinasi wisata Taman Miniatur Dunia Small World Purwokerto ini mulai diresmikan sekitar pertengahan 2016, sekarang sedang proses pengembangan bahkan sudah memasuki tahap perampungan saja. 

Meskipun demikian hingga sekarang masih banyak wisatawan lokal hingga mancanegara berbondong-bondong datang kemari, walau sekedar melihat-melihat sejumlah bangunan terkenal di berbagai negara. 

Tak sedikit wisatawan dibuat penasaran keunikan Taman Miniatur Dunia Small World dimilikinya.
Menjadi kolaborasi sempurna antara keindahan alam dengan spot-spot bangunan landmark dunia, sehingga wisatawan tak perlu lagi untuk pergi jauh ke luar negeri, bila hanya ingin melihat atau pun berswafoto di icon bangunan dunia, cukup datang ke Taman Miniatur Dunia Small World saja. 

Beberapa landmark negara di sana antara lain kincir angin raksasa Belanda, menara Pizza Italia, Bing Ben Inggris, Colloseum Italia, Twin Tower Malaysia dan Patung Merlion Singapura. Wahana seperti ini begitu cocok dijadikan sarana edukasi efektif bagi pengetahuan anak, tapi juga sangat cocok bagi remaja milenial gemar berburu spot selfie.

4. Pancuran Pitu Baturaden

pancuran pitu baturaden

Pancuran Pitu berasal dari bahasa Jawa, pancuran berarti air terjun (water fall) dan pitu berarti tujuh. Jadi Pancuran Pitu artinya sebuah air terjun yang berjumlah tujuh. 

Mengingat ini adalah sebuah eksotisme alam, bukan berarti obyek wisata Pancuran Pitu memiliki grojogan yang tinggi. Pancuran Pitu memiliki tinggi air tajuh sekitar 1 meter, yang menarik dari Pancuran Pitu adalah tujuh buah lengkungan air terjun yang tercipta akibat aliran air panas (belerang) secara terus menerus.

Sesuai namanya, Pancuran Pitu atau dalam bahasa Indonesia disebut Pancuran Tujuh (7) merupakan sumber air panas bumi yang airnya terpancar langsung dari kaki Gunung Slamet berupa tujuh pancuran. 

Airnya cukup panas sehingga jika pengunjung ingin mencoba atau naik ke pancuran tersebut sebaiknya menggunakan sendal agar tidak kepanasan. 

Air ini mengandung belerang yang konon baik untuk kesehatan kulit, makanya banyak yang cuci kaki, cuci tangan, cuci muka atau mandi di tempat yang disediakan.

5. Curug Telu

curug telu baturaden


Meski ketiganya tidak sama besar, namun secara kasat mata curug ini memang tampak dialiri oleh 3 air terjun sekaligus. 

Curug yang berada di Karangsalam, Baturaden, Kabupaten Banyumas ini merupakan sumber dari Curug Bidadari yang letaknya juga tidak jauh dari sini.

Curug Telu memiliki pemandangan yang indah dan hawa khas pegunungan yang masih sejuk, air curugnya pun jernih. 

Pengunjung yang datang ke wisata Baturaden biasanya menghabiskan waktu di curug ini dengan berenang, main air, berfoto mengabadikan momen, dan memancing. 

Jalur menuju curug yang terbilang mudah membuat curug ini semakin banyak didatangi pengunjung terutama saat libur tiba.
0 Komentar untuk "5 Tempat Wisata Di Purwokerto,Kamu Harus Kunjungi"

Back To Top