12 Hal Menakjubkan Tentang Galaksi dan Alam Semesta
Alam semesta merupakan sebuah ruang terbuka yang sangat besar serta terdiri atas miliaran galaksi dan jumlah bintang yang tak terhitung jumlahnya. Galaksi kita disebut dengan Galaksi Bima Sakti atau biasa di kenal dengan nama Milky Way. Sistem tata surya kita yang di dalamnya termasuk Matahari, planet-planet dan bulan-bulan yang mengitarinya, hanyalah sebagian kecil dari Galaksi Bima Sakti.

Bagaimanakah alam semesta terbentuk?

Jagad raya terlahir lebih dari 15 miliar tahun yang lalu. Hal ini dipercayai bahwa alam semesta berawal seperti bola api kecil. Bola api ini berkembang lebih besar dan lebih besar lagi sampai pada suatu ketika ia meledak, dan seiring waktu membentuk alam semesta yang kita kenal saat ini.

Alam semesta awal

Para ilmuwan berpendapat bahwa alam semesta awal adalah merupakan gugusan materi yang bersesakan yang kemudian sejak terjadinya Big Bang, memperluas dan berkembang sampai dengan sekarang dan terus berkembang hingga nanti.

Seberapa besar alam semesta ini?

Tidak ada yang tahu seberapa besar alam semesta sebenarnya. Setidaknya ada 100 miliar galaksi yang kita ketahui. Namun, jumlah ini terus bertambah sebagaimana teleskop yang lebih baik terus dikembangkan, sehingga kita dapat melihat lebih banyak lagi galaksi-galaksi yang lainnya. Di atas semua itu, galaksi-galaksi bergerak menjauh satu dengan lainnya, menyebabkan alam semesta ini berkembang. Beberapa ilmuwan percaya bahwa alam semesta tidak akan pernah berhenti untuk meluaskan diri, sedangkan yang lainnya berpikir bahwa pada suatu hari alam semesta akan mulai menyusut hingga menjadi bola api kembali.

Apa yang dimaksud galaksi itu?

Galaksi adalah sekelompok miliaran bintang-bintang, debu dan gas yang terikat bersama oleh gaya gravitasi. Sebuah galaksi dapat berada dalam sebuah gugusan atau berdiri sendiri. Galaksi-galaksi memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Para ilmuwan telah membagi mereka menjadi tiga kategori berdasarkan bentuk mereka, yaitu: spiral, elips (oval) dan tidak teratur (tanpa bentuk).

Bagaimana Galaksi Bima Sakti memperoleh namanya (Milky Way)?

Dalam mitos Yunani dan Romawi kuno, diyakini bahwa dewi Hera (Juno) menumpahkan susu melintasi angkasa dan menamai garis putih yang tertinggal sebagai “sungai susu”. Bangsa Romawi menyebutnya dengan sebutan Via Lactea atau yang bermakna “jalan yang terbuat dari susu”. Ini adalah alasannya mengapa galaksi kita diberi nama dengan Milky Way.

Apa yang dimaksud dengan teori Big Bang?

Teori Big Bang menyatakan bahwa alam semesta seperti yang kita kenal saat ini tercipta setelah adanya sebuah ledakan dahsyat atau ‘bang’. Georges Lemaitre mengusulkan teori Big Bang pada tahun 1927, dan pada tahun 1929 Edwin Hubble mengembangkan hal ini dalam karyanya.

Jagad raya yang mengembang

Para ilmuwan berpendapat bahwa bintang-bintang dan unsur-unsur lain di alam semesta terus menerus saling menjauh antara satu dengan lainnya disebabkan oleh kekuatan yang berasal dari terjadinya Big Bang.

Apakah Galaksi Bima Sakti bagian dari gugusan galaksi?

Bima Sakti dan tiga galaksi tetangganya adalah bagian dari gugusan yang lebih besar yang dikenal sebagai Grup Lokal (karena mereka yang paling dekat dengan Bumi). Galaksi-galaksi tetangga yang termasuk di Grup Lokal dinamakan dengan galaksi Andromeda, dan Galaksi Magellanic Clouds Besar (LMC) dan Magellanic Clouds Kecil (SMC) . Dari 35 galaksi di Grup Lokal, hanya tiga ini dapat dilihat dengan dengan mata biasa.

Sebuah tabrakan antar galaksi

Kadangkala, galaksi-galaksi bertabrakan satu dengan yang lainnya yang disebabkan oleh adanya gaya gravitasi. Namun, bintang-bintang di dalamnya terpisah terlalu jauh untuk dapat menyebabkan kerusakan yang nyata. Galaksi kita sendiri berada pada jalur tabrakan dengan galaksi tetangganya yaitu Andromeda. Benturan tersebut akan terjadi sekitar lima miliar tahun yang akan datang dan kedua galaksi ini akan bergabung untuk membentuk sebuah galaksi elips (oval).

Galaksi manakah yang merupakan galaksi terbesar?

Para ilmuwan tidak mengetahuinya secara pasti. Galaksi-galaksi terbesar yang kita ketahui adalah galaksi-galaksi elips (oval) raksasa yang terletak di tengah-tengah seluruh kelompok galaksi. Salah satu galaksi  yang terbesar adalah yang terletak di pusat galaksi pada gugusan Abell 2029.

Seberapa besarkah Galaksi Bima Sakti?

Galaksi Bima Sakti sangatlah besar. Dibutuhkan waktu sekitar 250 juta tahun bagi Matahari untuk sekali mengorbit mengitari pusat Galaksi Bima Sakti.

Apa yang dimaksud dengan Messier Object 31?

Galaksi Andromeda juga dikenal sebagai sebutan Messier Object 31, atau M31. Galaksi ini memiliki  lebih dari dua kali ukuran galaksi Bima Sakti. Namun demikian,  Galaksi Andromeda bukanlah merupakan galaksi terbesar yang kita ketahui.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama