SMA N 3 Purwokerto Wajibkan Siswa Mengikuti Pendidikan Karakter Bangsa
Menjawab kekhawatiran banyak pihak terhadap lunturnya nilai kebangsaan dan patriotisme saat ini, SMA N 3 Purwokerto menyelenggarakan Pendidikan Karakter Bangsa (PKB), Acara diikuiti oeh 350 siswa baru Tahun pelajaran 2015/2016 dan dibuka oleh Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein, Selasa, (28/7) , turut hadir Kepala dinas Pendidikan, Kasdim 0701 Banyumas, dan Para Kepala SMA N di Purwokerto.
Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan MOU tentang Pelaksanaan PKB antara SMA N 3 Purwokerto dengan Kodim 0701 Banyumas.

Kepala SMA N 3 Purwokerto H. Warmanto, S.Pd dalam laporannya menyampaikan, pemberian materi PKB di SMA N 3 Purwokerto merupakan upaya untuk menanamkan PKB kepada generasi muda sejak dini melalui proses pembelajaran di sekolah.

Menurutnya kegiatan ini dilaksanakan karena sistim pembelajaran yang digunakan di SMA N 3 Purwokerto menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) sehingga berkesempatan untuk menambah mata pelajaran baru
"Tahun pelajaran 2015/2016 SMA N 3 Purwokerto mewajibkan siswa kelas 1 untuk mengikuti dan menempuh mata pelajaran PKB yang memiliki bobot 1 sks dan diberikan pada semester 1 " jelasnya
Warmanto juga menjelaskan pemberian materi pelajaran PKB sejalan dengan amanah UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan Bangsa.

Terkait dengan materi pelajaran dan tenaga pengajar Warmanto menjelaskan, SMA N 3 Purwokerto menggandeng Kodim 0701 Banyumas untuk ikut memberikan materi tentang PKB "Siswa akan diberikan materi tentang kepemimpinan, Kebangsaan dan kemandirian dan pelajaran-pelajaran lain dan karena keterbatasan SDM yang ada di SMA N 3 maka kami membuat MOU dengan KODIM 0701 Banyumas untuk memberikan pejaran tentan PKB" imbuhnya.

Bupati Achmad Husain dalam pengarahnya menyampaikan, untuk membuat Indonesia menjadi bangsa yang besar, maju, jaya dan bermartabat harus dilaksanakan pembangunan karakter (character buliding) salah satunya melalui pembelajaran PKB kepada siswa.

" saya sangat mengapresiasi pemberian pelajaran PKB untuk siswa, karena fenomena saat ini masyarakat cenderung lupa kepada nilai-nilai keteladanan yang ada pada pancasila sebagai idiologi Bangsa Indonesia dan bisa ditiru oleh sekolah yang lain" jelasnya

Husein berharap agar para siswa dapat mengikuti dengan baik dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehingga nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter dan tangguh.
" Kedapan adalah hari-hari yang penuh tantangan, manfaatkan umur dengan sebaik-baiknya, karena waktu sangat pendek, tanamkan cita cita setingi tingginya dan sekuat mungkin untuk mewujudkannya, jadilah manusia yang luar biasa jangan yang biasa-biasa saja dan jangan takut dengan kegagalan dan resiko serta jangan putus asa apabila terjadi gegagalan, maju terus pasti akan berhasil" pesannya.
 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama