Ditemukan Planet Menyerupai Bumi
Teleskop Kepler Space milik NASA beberapa waktu yang lalu baru saja menemukan sebuah planet yang menyerupai Bumi yang berotasi di dekat zona layak huni galaksi kita. Planet yang diberi nama Kepler-186f ini jaraknya 500 tahun cahaya dari Bumi dalam konstelasi Cygnus. Zona layak huni, yang dikenal sebagai zona Goldilocks, merupakan daerah di sekitar bintang yang terdiri dari beberapa planet-massa dengan tekanan atmosfer yang dapat menyokong cairan di permukaannya.

Ternyata selain Kepler-186f, terdapat empat planet lain yang berada di sekitarnya. Namun, para ilmuwan masih belum memutuskan apakah tingkat kehidupan pada planet tersebut tinggi atau tidak, sehingga masih belum terdapat kesimpulan apakah planet tersebut layak dihuni atau tidak.


Ditemukan Planet Menyerupai Bumi


“Selama ini, yang kita ketahui hanya ada satu planet di mana ada kehidupan, yakni Bumi. Ketika kita mencari kehidupan di luar tata surya kita fokus pada menemukan planet dengan karakteristik yang meniru dari Bumi,” kata Elisa Quintana, salah seorang di SETI Institute di Ames Research Center NASA di Moffett Field, California. Ia juga menambahkan bahwa menemukan planet yang berada di zona layak huni dan membandingkannya dengan Bumi dalam hal ukuran adalah langkah yang besar.

Bintang yang berada di dekat Kepler-186f memiliki setengah massa dan ukuran dari matahari dan hanya menerima sepertiga dari energi yang kita terima dari matahari. Planet Kepler-186f memiliki waktu rotasi selama 130 hari. Info selengkapnya dapat kalian simak dalam video berikut.


Source: http://awareness-time.com/scientists-discover-another-earth/

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama