Menikmati Sejuknya Air Terjun Curug Cipendok Purwokerto

curug cipendok purwokerto

Salah satu dari ratusan air terjun berada di sabuk lereng gunung slamet ini terletak di kecamatan cilongok merupakan curug sangat di kenal oleh banyak masyarakat luas,sekilas jika mendengar tempat wisata ini pasti sudah tidak lagi terdengar asing untuk para traveler banyumasan.

Berawal asal-usul cerita dari Raden Ranusentika dikala menyudahi bertapanya lalu kemudian memancing di dekat air terjun. Keanehan pun terjadi saat kail pancing merasa ditarik dengan kerasnya hingga gagang pancing melengkung.

Namun alangkah terkejutnya, saat pancingnya ditarik bukannya ikan didapat, melainkan sebuah barang mirip cincin merupakan pendok atau cincin warangka keris bersinar kuning keemasan.

Hingga usulan dari Breden Santa, seorang kepala pekerja, dimana Raden Ranusentika menemukan pendok keris,pada akhirnya lokasi bersejarah panjang dinamakan menjadi Air Terjun Curug Cipendok.

Curug cipendok memiliki daya tarik tersendiri. Dilihat dari sisi kawasan tergolong masih alami dan lembutnya cuaca sekitar curug masih sejuk. Kita dapat menikmati dengan santai serta segarnya udara embun dan gemuruh keras terasa di kala air terjun turun dari setinggi 92 meter.


Baca Juga : Curug Belot Purwokerto

JARAK TEMPUH LOKASI PURWOKERTO-CURUG CIPENDOK 25KM

air terjun curug cipendok
foto by : https://www.instagram.com/p/BbqeTnfFegc/

Curug Cipendok terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Tepatnya di dusun ii lebaksiu karanganyar karangtengah kabupaten banyumas jawa tengah.

Lokasi air terjun ini tidak mudah untuk kita capai. Jalan menuju lokasi sudah diaspal semua.

Sampai lokasi parkir, kemudian harus berjalan menuju lokasi air terjun.

Di jalan menuju lokasi, banyak warung yang menjajakan Tempe Mendoan, susu murni yang bisa ditemukan di warung-warung rumah penduduk.

Perkebunan tomat, cabai dan seledri cukup menarik dinikmati dalam perjalanan menuju lokasi.

Belum lagi sungai-sungai kecil dengan air jernih mengalir, bisa mengundang untuk turun sejenak merasakan sejuk dan jernihnya air pegunungan.

AKSES TRANSPORTASI MENUJU AIR TERJUN CURUG CIPENDOK


Untuk masuk ke lokasi Curug Cipendok, bisa ditempuh melalui kota Purwokerto, menuju ke jalan Jend. Sudirman, ke arah alun-alun.

Kemudian lurus terus menuju ke jalan raya Cilongok sampai pertigaan Losari, sekitar 14 km dari Purwokerto. Selanjutnya, ada tanda berupa rambu lampu kuning, Anda belok kekanan menuju lokasi dengan jarak sekitar 8 km.

Dari jalan raya Cilongok menuju lokasi berjarak 8 km dengan kondisi jalan naik dan berkelok.

Bagi yang tidak mempunyai kendaraan pribadi ataupun ingin mengunjungi kawasan Curug Cipendok tanpa menggunakan kendaraan pribadi, dapat memanfaatkan angkutan umum (Koperades).

Angkutan umum khusus menuju curug cipendok mempunyai trayek jalur :
 
Ajibarang - Losari - Kalisari - KarangTengah - Lebaksiu - Curug Cipendok.

Pada hari biasa Koperades ini biasanya hanya melayani rute Ajibarang - Losari - Lebaksiu (KarangTengah), namun bisa disewa (dicarter) untuk membawa pelancong yang ingin menuju Curug Cipendok.

Biasanya untuk para pelancong yang ingin menyewa Koperades, bisa mencari di pertigaan Losari (desa KarangLo).

HARGA TIKET MASUK CURUG CIPENDOK 

Harga tiket masuk cukup terjangkau hanya dengan membayar senilai Rp.20.000,- per orang dan harga untuk tiket parkir 5000 dan mobil 10.000.

Tempat wisata air terjun curug cipendok yang masuk dalam wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur sudah dibenahi dengan berbagai fasilitas, karena dijadikan tujuan wisata secara resmi. KPH Banyumas Timur telah melengkapi dengan tempat parkir, tempat istirahat, dan kamar mandi.

Keindahan alam Curug Cipendok baru dilirik pemerintah kabupaten Banyumas pada tahun 1984 dan pembukaannya secara resmi sebagai obyek wisata baru dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 1987.

Setelah membangun sarana ala kadarnya, seperti tempat peristirahan dan mushola. Usaha-usaha peningkatan pelayanan juga masih terus dilakukan.

Hal ini terbukti dengan berbagai langkah yang diambil pemerintah dalam usaha mempromosikan lewat peta pariwisata Banyumas dan pengadaan sarana demi saran untuk dapat menunjang kenyamanan pengunjung.

Seperti terlihat dari pembangunan tempat bermain anak, pementasan hiburan, perbaikan jalan, penambahan obyek wisata yaitu Telaga Pucung yang berada sekitar 500 meter arah barat dari lokasi Curug, dll.

Daya tarik objek wisata ini adalah telaga dengan air yang cukup jernih dan di sekitarnya dikelilingi hutan yang masih alami.

Selain itu, wisatawan juga dapat mendengar suara-suara burung langka seperti elang Jawa yang terbang berputar-putar di atas telaga. Apalagi, bagi pengunjung yang beruntung dapat melihat spesies endemik sejenis monyet berwarna abu-abu yakni rek-rek

0 Response to "Menikmati Sejuknya Air Terjun Curug Cipendok Purwokerto"

Posting Komentar