Sekilas Sejarah Mendoan Banyumas

Sekilas Sejarah Mendoan Banyumas Kata "tempe" diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pada zaman Jawa Kuno terdapat makanan berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang disebut tumpi. Tempe segar yang juga berwarna putih terlihat memiliki kesamaan dengan makanan tumpi tersebut.

Sekilas Sejarah Mendoan Banyumas
Tidak seperti makanan kedelai tradisional lain yang biasanya berasal dari Cina atau Jepang, tempe berasal dari Indonesia. Tidak jelas kapan pembuatan tempe dimulai. Namun demikian, makanan tradisonal ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu, terutama dalam tatanan budaya makan masyarakat Jawa, khususnya di Yogyakarta dan Surakarta.

Dalam bab 3 dan bab 12 manuskrip Serat Centhini dengan seting Jawa abad ke-16 (Serat Centhini sendiri ditulis pada awal abad ke-19) telah ditemukan kata "tempe", misalnya dengan penyebutan nama hidangan jae santen tempe (sejenis masakan tempe dengan santan) dan kadhele tempe srundengan. Hal ini dan catatan sejarah yang tersedia lainnya menunjukkan bahwa mungkin pada mulanya tempe diproduksi dari kedelai hitam, berasal dari masyarakat pedesaan tradisional Jawa—mungkin dikembangkan di daerah Mataram, Jawa Tengah, dan berkembang sebelum abad ke-16.

Kata "tempe" diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pada zaman Jawa Kuno terdapat makanan berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang disebut tumpi. Tempe segar yang juga berwarna putih terlihat memiliki kesamaan dengan makanan tumpi tersebut.

Selain itu terdapat rujukan mengenai tempe dari tahun 1875 dalam sebuah kamus bahasa Jawa-Belanda. Sumber lain mengatakan bahwa pembuatan tempe diawali semasa era Tanam Paksa di Jawa. Pada saat itu, masyarakat Jawa terpaksa menggunakan hasil pekarangan, seperti singkong, ubi dan kedelai, sebagai sumber pangan. Selain itu, ada pula pendapat yang mengatakan bahwa tempe mungkin diperkenalkan oleh orang-orang Tionghoa yang memproduksi makanan sejenis, yaitu koji1 kedelai yang difermentasikan menggunakan kapang Aspergillus. Selanjutnya, teknik pembuatan tempe menyebar ke seluruh Indonesia, sejalan dengan penyebaran masyarakat Jawa yang bermigrasi ke seluruh penjuru Tanah Air.

Pada zaman pendudukan Jepang di Indonesia, para tawanan perang yang diberi makan tempe terhindar dari disentri dan busung lapar. Sejumlah penelitian yang diterbitkan pada tahun 1940-an sampai dengan 1960-an juga menyimpulkan bahwa banyak tahanan Perang Dunia II berhasil selamat karena tempe. Menurut Onghokham, tempe yang kaya protein telah menyelamatkan kesehatan penduduk Indonesia yang padat dan berpenghasilan relatif rendah.
 
Sekilas Sejarah Mendoan Banyumas


Pada akhir 1960-an dan awal 1970-an terjadi sejumlah perubahan dalam pembuatan tempe di Indonesia. Plastik (polietilena) mulai menggantikan daun pisang untuk membungkus tempe, ragi berbasis tepung (diproduksi mulai 1976 oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan banyak digunakan oleh Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia, Kopti) mulai menggantikan laru tradisional, dan kedelai impor mulai menggantikan kedelai lokal. Produksi tempe meningkat dan industrinya mulai dimodernisasi pada tahun 1980-an, sebagian berkat peran serta Kopti yang berdiri pada 11 Maret 1979 di Jakarta dan pada tahun 1983 telah beranggotakan lebih dari 28.000 produsen tempe dan tahu.

 Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".

Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia, tetapi sekarang telah mendunia. Kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Akibatnya sekarang tempe diproduksi di banyak tempat di dunia, tidak hanya di Indonesia. Berbagai penelitian di sejumlah negara, seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat. Indonesia juga sekarang berusaha mengembangkan galur (strain) unggul Rhizopus untuk menghasilkan tempe yang lebih cepat, berkualitas, atau memperbaiki kandungan gizi tempe. (dari berbagai sumber)
 
source : alveros
Nama

air terjun,1,aneh,9,angkutan kota,1,angkutan umum purwokerto,1,aston imperium,1,banyumas,4,baturaden,3,berita purwokerto,3,bina sarana informatika,1,buah mangga,1,budaya,2,cincin pernikahan,1,curug,1,daftar sekolah,1,dunia,10,entertainment,2,gelanggang olahraga,1,gor satria,1,gunung,1,guru cantik,1,guru sexy,1,hiburan,2,hotel,5,hotel purwokerto,5,info hotel,4,info lowongan,61,jari manis,1,jasa tugas akhir,1,jobs purwokerto,104,jokowi,1,kelurahan teluk,1,kesehatan,2,kota banyumas,4,kota satria,1,kuliner,5,kuliner purwokerto,5,kupu-kupu,1,loker,236,loker purwokerto,235,lowongan pekerjaan purwokerto,224,makanan,1,menari,1,musisi,1,nangga,1,news,6,pasar rakyat,1,paskibra,1,payudara,1,pekuncen,1,pendidikan,8,petahunan,1,poerwokerto,1,puasa,1,purwakerta,1,purwokerto,25,rajawali,6,rajawali cinema,6,ramadhan,1,ramadhan 2019,1,rekreasi,4,sd,1,sejarah purwokerto,1,sekolah dasar,1,seni sastra,1,sma,1,smk,1,taman balai kemambang,1,top terbaik,1,tranggulasih,1,unik,13,unsoed,2,vitamin,1,wisata,9,wisata banyumas,5,wisata kuliner,6,wisata purwokerto,10,
ltr
item
Jelajah Purwokerto: Sekilas Sejarah Mendoan Banyumas
Sekilas Sejarah Mendoan Banyumas
Sekilas Sejarah Mendoan Banyumas Kata "tempe" diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pada zaman Jawa Kuno terdapat makanan berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang disebut tumpi. Tempe segar yang juga berwarna putih terlihat memiliki kesamaan dengan makanan tumpi tersebut.
http://1.bp.blogspot.com/-kPXjm82WCW0/VkQ1F5YFKYI/AAAAAAAAAwA/ckRb7z_HPBE/s400/Sekilas%2BSejarah%2BMendoan%2BBanyumas.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-kPXjm82WCW0/VkQ1F5YFKYI/AAAAAAAAAwA/ckRb7z_HPBE/s72-c/Sekilas%2BSejarah%2BMendoan%2BBanyumas.jpg
Jelajah Purwokerto
http://www.jelajahpurwokerto.com/2015/11/sekilas-sejarah-mendoan-banyumas.html
http://www.jelajahpurwokerto.com/
http://www.jelajahpurwokerto.com/
http://www.jelajahpurwokerto.com/2015/11/sekilas-sejarah-mendoan-banyumas.html
true
3385359222895570535
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy